Saturday, May 31, 2014

REVIEW BUKU – A Little Things Called Love




Judul Buku : Hitam Putih Abu-Abu
Penulis : Uda Agus dkk
ISBN : 978-602-7692-05-3
Penerbit : AG Publishing
Terbit : Juni 2012
Harga : Rp 49.000
Tebal : 210 halaman

Narsis dulu yuk,  hehe ^_^ kenapa narsis? Karena yang akan saya review adalah buku keroyokan saya dan teman-teman. Disebut keroyokan karena ini adalah buku antologi. Antologi ini lahir dari sebuah lomba menulis cerpen yang digagas oleh penulis bernama asli Gusrianto atau lebih dikenal dengan Uda Agus. Dalam buku ini terdapat 20 cerpen pemenang dan satu cerpen milik Uda Agus. Tiga diantaranya adalah pemenang untuk tingkat SMP-SMA dan tiga pemenang yang berasal dari mahasiswa/umum.
Tema yang diangkat pada antologi kumpulan cerpen ini adalah masa sekolah tepatnya masa putih abu-abu. Jadi dapat dipastikan jika keduapuluh satu cerpen yang ada bertemakan anak sekolah.
Cerpen yang menjadi pemenang untuk kategori umum berjudul Buntut Udang milik Hesty Daisy. Cerpen ini bercerita tentang kebencian seorang nenek atas cucunya yang memiliki bentuk rambut bagian belakang yang menyerupai buntut udang. Kebencian ini didasarkan pada alasan jika pemilik rambut buntut udang adalah orang yang pelit. Kepercayaan akan mitos inilah yang membuat si nenek begitu membenci cucunya. Meski sering diperlakukan tidak adil oleh neneknya, si cucu berusaha untuk tetap menghormatinya.
Cerpen ini memang layak untuk menjadi pemenang pertama. Nuansa budaya—terutama mitos—yang diangkatnya tampak sepele, tapi berhasil dibawakan dengan menarik tanpa kehilangan gaya bahasa yang mudah dicerna. Alur yang tidak bertele-tele juga menjadi daya tarik tersendiri dari cerpen ini.
Selain cerpen Buntut Udang, cerpen lain yang ada juga bertemakan masa SMA. Ada sangat banyak cerita masa SMA yang sangat menarik untuk disimak. Dari mulai masalah cinta, persahabatan bahkan masalah keluarga yang dialami anak berseragam ‘putih abu-abu’. Itulah yang menjadi daya tarik utama antalogi ini. Meski buku berbentuk antologi tidak banyak lagi diminati saat ini, tetapi antologi ‘Putih Abu-Abu’ ini bisa jadi bahan bacaan yang menarik. Mungkin saja, salah satu kisahnya sama dengan kisah masa SMA Anda? Siapa tahu.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Zona Review Kelana - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Bamz